Search

Recent Posts

Ramadan, Pengguna Tri Habiskan Data Internet untuk Mobile Legends

Suara.com - Trafik data internet, seperti biasa, melonjak tajam di periode libur Lebaran 2018 dengan media sosial menjadi faktor utama yang mendorong lonjakan itu, tetapi bagi perusahaan operator seluler Tri justru game mobile populer Mobile Legends yang paling banyak menguras data internet.

Pengalaman Tri selama Lebaran ini memang berbeda jika dibandingkan dengan tiga pesaingnya: Telkomsel, XL, dan Indosat.

Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan 22,3% jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7%, diikuti video streaming (31,3%) dan layanan pesan instan (14,1%).

Khusus video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya.

“Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” ujar Direktur Network Bob Apriawan.

Sementara XL Axiata mencatat lonjakan trafik data sekitar 30 persen selama Ramadan dibanding hari biasa. Trafik data tertinggi dipicu oleh meningkatnya pemakaian layanan streaming video dan musuk yang mencapai 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing (16%), instant messaging (13%), dan media sosial (12%).

“Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya.

Sedangkan Indosat Ooredoo mencatat peningkatan traffic tertinggi untuk penggunaan data pada puncak arus mudik atau bertepatan dengan H-3 Lebaran sebesar 5.338,47 Terabyte/hari atau naik 49,70% dibandingkan traffic data reguler pada hari biasa.

Sementara itu, penggunaan data pada hari raya Idul Fitri sebesar 4,867.58 Terabyte/hari atau meningkat 73.03% dibandingkan tahun lalu. Media sosial juga jadi faktor utama yang yang mendorong perubahan tersebut.

Tetapi operator seluler 3 (Tri) punya pengalaman berbeda karena meski konsumsi data meningkat, para penggunanya justru lebih banyak menghabiskan data internet untuk bermain game mobile, seperti Mobile Legends.

Sebanya 91% lonjakan trafik data Tri dipicu oleh game mobile, lalu disusul oleh aplikasi pesan seperti WhatsApp, dan kemudian YouTube.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/06/21/200404/ramadan-pengguna-tri-habiskan-data-internet-untuk-mobile-legends

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ramadan, Pengguna Tri Habiskan Data Internet untuk Mobile Legends"

Post a Comment

Powered by Blogger.