Search

Recent Posts

Nostalgia, Windows 95 Kini Bisa Dinikmati Lagi

Suara.com - Bagi para pecinta operasi sistem Microsoft zaman dulu, kini bisa bernostalgia dengan menikmati Windows 95. Windows 95 sendiri adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi Microsoft dan diperkenalkan ke publik pada Agustus 1995.

Menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager). Selain itu, juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, serta dukungan lainnya.

Perkembangan zaman yang sangat pesat kini membuat Microsot membuat operasi sistem canggih yang muncul di Apple Watch, Android Wear, dan bahkan Xbox One. Namun, pengguna komputer zaman dulu pasti sesekali merindukan saat-saat memakai Windows 95.

Kini Windows 95 hadir sebagai aplikasi yang dijalankan di macOS, Windows, dan Linux. Dikembangkan oleh Slack Felix Rieseberg, ia membuat Windows dalam aplikasi elektron. Rieseberg menerbitkan kode sumber dan penginstal aplikasi untuk proyek ini di Github dan aplikasi seperti Wordpad, telepon dialer, MS Paint, serta Minesweeper pun semuanya berjalan seperti yang diharapkan.

Sayangnya, Internet Explorer tidak sepenuhnya berfungsi karena menolak untuk membuat laman.

Untuk dapat bernostalgia, aplikasi ini hanya berukuran 129 MB dan siapapun dapat mengunduhnya di Github, baik untuk macOS ataupun Windows. Setelah dijalankan, aplikasi ini membutuhkan hanya sekitar 200 MB RAM, bahkan saat menjalankan semua utilitas, aplikasi, dan game sistem Windows 95 yang lama.

Jika terdapat masalah dengan aplikasi, pengguna dapat mengatur ulang instance Windows 95 di dalam aplikasi dan memulainya dari awal lagi. [Github/The Verge]

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/08/25/141500/nostalgia-windows-95-kini-bisa-dinikmati-lagi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nostalgia, Windows 95 Kini Bisa Dinikmati Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.