Search

Recent Posts

Penyesalan Robert Oppenheimer, Sang Penemu Bom Atom

Suara.com - Albert Einstein sering dikaitkan dengan bom atom yang digunakan untuk menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Padahal, sang penemu bom atom sebenarnya adalah Robert Oppenheimer.

Bernama lengkap Julius Robert Oppenheimer, dia adalah aktor utama sekaligus pemimpin dalam pembuatan bom atom yang berhasil diledakkan di kota Hiroshhima dan Nagasaki.

Baca Juga : 4 Hal yang Terjadi jika Perang Nuklir Pecah

Oleh para ilmuwan dia dijuluki "Father of Atomic Bomb" atau "Ayah Bom Atom". Einstein juga berpengaruh dalam pembuatan bom Atom, namun perannya termasuk kecil apabila dibandingkan dengan Robert Oppenheimer.

Teori E = mc^2 merupakan salah satu landasan terlepasnya energi besar bom atom. Namun Albert Einstein sebenarnya tidak secara langsung terjun ke proyek utama bom Atom.

Pada bulan Agustus 1939, Einstein menulis surat kepada Presiden AS Franklin Roosevelt untuk memperingatkan bahwa Nazi sedang mengerjakan senjata baru yang kuat yaitu Bom Atom.

Karena surat dari Albert Einstein itulah pemerintah AS pada bulan Desember 1941 meluncurkan sebuah proyek ambisius yang bernama "Proyek Manhattan".

Robert Oppenheimer. [Image Journal].
Oppenheimer. (Atom Heritage)

Bersama dengan 3.000 ilmuwan fisika lainnya, Robert Oppenheimer meneliti sebuah bom yang suatu saat akan dikenal sebagai sebuah bom Atom. Dia merupakan tokoh utama dalam Proyek Manhattan karena bertanggung jawab penuh terhadap penelitian dan desain bom Atom.

Setahun sebelum Proyek Manhattan diluncurkan, dia sudah meneliti mengenai kecepatan nuetron serta seberapa banyak material yang diperlukan untuk membuat sebuah bom.

Baca Juga : 10 Teknologi yang Diprediksi Akan Memusnahkan Manusia

Dikutip dari Hitekno.com, selang 3 tahun setelah pemerintah AS menunjuknya menjadi pemimpin penelitian, sebuah bom Atom akhirnya berhasil diciptakan. 

Pada Agustus 1945, bom Atom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki. Bom itu akhirnya menewaskan sekitar 200 ribu orang di dua kota tersebut. Ironisnya, setelah penelitian itu Robert Oppenheimer menyesali penemuannya dan berbalik arah mengkampanyekan bom Atom untuk kedamaian.

Untuk lebih jelas mengenai penyesalan Robert Oppenheimer sang penemu bom atom ini, bisa disimak di Hitekno.com.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/08/12/203000/penyesalan-robert-oppenheimer-sang-penemu-bom-atom

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyesalan Robert Oppenheimer, Sang Penemu Bom Atom"

Post a Comment

Powered by Blogger.