Search

Recent Posts

Menjajal Vivo Apex, Ponsel Unik Tanpa Tombol dan Lubang - Kompas.com - Tekno Kompas.com

KOMPAS.com - Evolusi ponsel genggam kian "menggila". Terobsesi dengan layar tanpa bezel (bingkai), para vendor berlomba-lomba menelurkan inovasi-inovasi baru untuk menghadirkan layar lebih luas.

Sebagian besar ponsel memilih memangkas ukuran bingkai hingga menjadi "notch" atau poni mungil. Sebagian lain memilih opsi pop-up untuk mengakomodir kebutuhan kamera depan. Tapi Vivo memilih terobosan baru.

Vendor asal China itu membuat sebuah purwarupa ponsel bernama Vivo Apex dengan konsep yang cukup unik, yakni ponsel tanpa tombol fisik maupun lubang di seluruh bodi. Alhasil, kesan "mulus" langsung terasa saat kali pertama menggenggam ponsel tersebut.

Ditambah material kaca yang melapisi punggu dan panel super AMOLED di layar, menambah "kemewahan" ponsel ini. Karena masih berupa prototipe dan tidak dijual komersil, ketersediaannya pun terbatas.

Baca juga: Ponsel Vivo Apex Diumbar di Jakarta, Kapan Dijual?

Untungnya, KompasTekno sempat menjajalnya sejenak. Tidak seperti smartphone konvensional, di sisi kanan kiri maupun atas dan bawah tidak ditemukan tonjolan tombol atau lubang apapun.

Hanya ada panel sensor untuk mengoperasikan tombol volume dan daya di sisi kanan layar.
Sensor tersebut beranama "Touch Sense" yang ketika disentuh, maka akan muncul ikon volume dan daya di sisi kanan layar.

Sensor Touch Sense yang terdapat di sisi kanan smartphone Vivo Apex. Panel ini sangat kecil dan samar karena bewarna senada dengan casing ponsel.WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COM Sensor Touch Sense yang terdapat di sisi kanan smartphone Vivo Apex. Panel ini sangat kecil dan samar karena bewarna senada dengan casing ponsel.

Wujud panel sangat samar dan area panel sangat kecil, sehingga agak membingungkan ketika ingin mengoperasikan volume. Lalu di bagian punggung tersemat kamera ganda yang tersusun vertikal di sisi atas punggung.

Konfigurasi kamera tersebut adalah 12 megapiksel dan 13 megapiksel. Sayangnya, Vivo masih memiliki PR untuk kamera depan yang absen di ponsel ini. Tulisan "Apex" tergurat di tengah punggung berlapis kaca.

Di bagian bawah punggung, terdapat port untuk mengisi daya. Port ini dinamakan Vivo sebagai "MagPort" sesuai cara kerjanya. Alih-alih dicolokan seperti microUSB, MagPort menggunakan magnet yang menghubungkan docking dan port pin (titik-titik logam magnetik).

Pengisian daya di smartphone Vivo Apex.WAHYUNANDA KUSUMA/KOMPAS.COM Pengisian daya di smartphone Vivo Apex.

Selain berfungis sebagai pengisi daya, MagPort juga berfungsi untuk transfer data. Sementara lubang speaker dan mikrofon tertanam di bodi ponsel dengan teknologi bernama "Body Sound Casting" yang mengeluarkan suara dari punggung ponsel.

Bagaimana wujud si ponsel licin ini dari segala sisi? Cek selengkapnya di Instagram KompasTekno di tautan berikut.

Let's block ads! (Why?)


https://tekno.kompas.com/read/2019/04/28/16394587/menjajal-vivo-apex-ponsel-unik-tanpa-tombol-dan-lubang

2019-04-28 09:39:00Z
CBMiaGh0dHBzOi8vdGVrbm8ua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMTkvMDQvMjgvMTYzOTQ1ODcvbWVuamFqYWwtdml2by1hcGV4LXBvbnNlbC11bmlrLXRhbnBhLXRvbWJvbC1kYW4tbHViYW5n0gFsaHR0cHM6Ly9hbXAua29tcGFzLmNvbS90ZWtuby9yZWFkLzIwMTkvMDQvMjgvMTYzOTQ1ODcvbWVuamFqYWwtdml2by1hcGV4LXBvbnNlbC11bmlrLXRhbnBhLXRvbWJvbC1kYW4tbHViYW5n

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menjajal Vivo Apex, Ponsel Unik Tanpa Tombol dan Lubang - Kompas.com - Tekno Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.