Search

Recent Posts

Bisakah Melihat Empat Planet Sekaligus dalam Satu Malam?

Suara.com - Ada fenomena istimewa yang akan terjadi hingga akhir bulan September karena adanya kesempatan untuk melihat empat planet sekaligus dalam satu malam. Keempat planet tersebut adalah Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Meskipun planet tidak memancarkan cahaya sendiri, planet-planet tersebut bisa memantulkan cahaya yang diterimanya. Dari keempat planet tersebut, planet yang akan terlihat paling terang adalah Venus karena planet ini merupakan objek langit paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan.

Selain itu, karena Venus adalah planet yang memiliki jarak paling dekat dengan Bumi. Venus sangat mudah ditemukan.

Letaknya akan berada di langit barat senja untuk beberapa bulan ke depan. Waktu paling tepat untuk melihat Venus adalah saat Matahari terbenam dan Venus akan terlihat seperti bintang terang yang tidak berkelap-kelip.

Planet paling terang kedua adalah Mars. Planet merah ini akan muncul dengan rona jingga kemerahan. Mars bisa ditemukan di langit timur sekitar satu jam setelah Matahari terbenam.

Selanjutnya, planet terang ketiga adalah Jupiter. Planet gas raksasa ini akan muncul dengan warna kekuningan yang terang.

Sayangnya, cahayanya cenderung tidak stabil dan dibutuhkan alat bantu pengamatan seperti teleskop jika ingin melihat dengan lebih jelas. Untuk dapat menemukan Jupiter, planet raksasa ini akan berada di langit atas kepala saat Matahari terbenam.

Kemudian adalah Saturnus. Planet bercincin ini menjadi yang paling redup dari keempat planet tersebut dan akan muncul dengan warna putih kekuningan.

Posisi Saturnus akan berada cukup tinggi dari cakrawala timur beberapa menit setelah Matahari terbenam. Karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, diameter sudut Saturnus akan terlihat sangat kecil.

Jika ingin melihat cincinnya maka pengamat disarankan untuk memakai alat bantu pengamatan seperti teleskop dengan magnifikasi setidaknya 75 kali. Keempat planet tersebut dapat diamati hingga akhir September selama cuaca cerah. [Infoastronomy.org]

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/tekno/2018/09/08/160000/bisakah-melihat-empat-planet-sekaligus-dalam-satu-malam

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisakah Melihat Empat Planet Sekaligus dalam Satu Malam?"

Post a Comment

Powered by Blogger.